Wednesday 17 December 2014

Inilah Manfaat Jaringan Komputer

Mengingat jaringan komputer sangatlah berperan penting dalam perkembangan teknologi masa kini, maka anda harus tahu manfaat apa saja yang bisa kita dapat dari suatu jaringan komputer. Berikut manfaat apa saja yang bisa anda ambil dari jaringan komputer.



Manfaat utama yang dapat kita rasakan dari terbentuknya jaringan komputer
adalah :

  1. Dapat saling berbagi (sharing) sumber daya peralatan (devices) secara bersama seperti harddisk, printer, modem, dan lain sebagainya. Dengan demikian terjadi peningkatan efisiensi waktu dalam operasi dan biaya pembelian hardware.
  2. Dapat saling berbagai (sharing) penggunaan file yang ada pada server atau pada masing-masing workstation.
  3. Aplikasi dapat dipakai bersama-sama (multiuser)
  4. Akses ke jaringan memakai nama, kata sandi, dan pengaturan hak untuk data-data rahasia, sehingga masing-masing pengguna memiliki otorisasi.
  5. Komunikasi antar pemakai melalui email atau LAN Conference.
  6. Pengontrolan para pemakai ataupun pemakaian data secara terpusat dan oleh orang-orang tertentu, sehingga meningkatkan keamanan dan dapat melakukan pendelegasian pekerjaan yang sesuai.
  7. Mudah dalam melakukan backup data, karena manajemen yang tersentralisasi
  8. Tidak tergantung kepada orang yang menyimpan data (apabila orangnyatidak ada) karena pennyimpanan data tersentralisasi
  9.  Data yang selalu up to date karena server senantiasa memutakhirkan data begitu ada input (data entry) diterima.
  10. Seorang supervisor/ administrator dapat melakukan pengontrolan pemakai berdasarkan waktu akses, tempat akses, kapasitas pemakaian hard disk, mendeteksi pemakai yang tidak berhak, monitor pekerjaan setiap pemakai.

No comments:

Post a Comment